Cara Membuat Kwitansi sendiri di Microsoft Word

Cara Membuat Kwitansi sendiri di Microsoft Word, Aplikasi Microsoft Word merupakan aplikasi pengelola kata yang paling familiar dan mudah untuk digunakan di Indonesia maupun di seluruh dunia. Banyak hal yang tidak diketahui tentang penggunaan Microsoft word, salah satunya membuat kwitansi atau nota sendiri di microsoft word.

Dengan anda membuat sendiri kwitansi atau nota sendiri, anda bisa menghemat pengeluaran dan tentunya anda bisa mengatur isi kwitansi atau nota sesuai keinginan anda sendiri. Kwitansi atau nota sangatlah penting untuk bukti transaksi jual beli yang perlu disediakan. Oleh karena itu pada postingan kali ini Gitgets akan menunjukan kepada anda Cara Membuat Kwitansi sendiri di Microsoft Word dengan detail, mudah dipahami dan disertai gambar pendukung, meskipun anda kurang mahir mengoperasikan komputer sekalipun.

1. Cara Membuat Kwitansi atau Nota Sendiri di Microsoft Word

Untuk membuat kwitansi atau nota sebetulnya bisa juga menggunakan Microsoft excel akan tetapi untuk mempermudah dan lebih familiar digunakan dan tidak begitu ribet maka paling pas menggunakan Microsoft Word. Untuk lebih jelasnya cara membuat kwitansi atau nota sendiri di Microsoft Word ikuti langkah – langkah berikut ini :

  • Buka Aplikasi Microsoft Word dan buat lembar kerja baru di Perangkat Komputer anda
  • Selanjutnya atur ukuran kertas untuk kwitansi dengan cara klik Page layout > Size > pilih A6 kalau tidak anda pilih more paper sizes dan setting ukuran A6 sendiri . Pada umumnya kwitansi menggunakan ukuran A6 (10,5 x 14,8 cm).
  • Kemudian buatlah bagian kepala kwitansi atau nota terlebih dahulu biasanya terdiri dari Nama Toko, Alamat, No HP, nomer nota, nama pembeli tanggal pembelian. Lihat Contoh di bawah ini.

Kwitansi bagian kepala

  • Jika anda ingin menambahkan logo anda tinggal klik ditempat yang ini diberikan logo > tab Insert > Pictures > pilih logo di komputermu > lalu klik insert jika ingin logo menjadi watermark di kwitansi bisa baca artikel disini
  • Berikutnya letakan kursor di bawah bagian kepala kwitansi lalu klik tab Insert > pilih Table buat sesuai kebutuhan anda jika ingin menambah lebih banyak kolom bisa klik Insert table

tabel kwitansi

  • Buat bagian kolom untuk jumlah atau total yang dibayar. Terletak dibagian bawah table.. Untuk menghilangkan garis vertikal pada table silakan blok table yang ingin dihilangkan garis vertikalnya lalu klik LAYOUT > Merge Cells. Lihat contoh berikut.

marger cell kwitansi

  • Setelah dihilangkan garis vertikal pada jumlah/total pembayaran, silakan isi dengan kata “Jumlah Rp”. Seperti contoh dibawah ini

jumlah total kwitansi

  • Selanjutnya berikan catatan pembelian dibawah tabel seperti barang yang sudah dibeli tidak boleh dikembalikan lagi
  • Tambahkan juga Tanda Terima dan Hormat Kami di bagian ekor kwitansi atau nota.

kwitansi

  • Maka kwitansi atau nota ini sudah siap dicetak

2. Cara Mencetak Kwitansi Ukuran A6 di Kertas Ukuran A4

Pada contoh kali ini kita mencetak kwitansi ukuran A6 di kertas ukuran A4 jika anda menggunakan kertas dengan ukuran yang lain, silakan menyesuaikan saja.

Pada kertas ukuran A4 anda bisa mencetak kwitansi ukuran A6 sebanyak 4 buah dalam satu lembar kertas ukuran A4. Untuk langkah – langkahnya anda bisa ikuti cara berikut.

  • Tekan CTRL + P atau klik File > Print lembar kerja kwitansi tadi
  • Lalu pilih opsi Printer Properties untuk pilih printer yang digunakan
  • Setelah anda pilih Printer Properties > Layout > Page size diisi A4
  • Lalu untuk page diisi 1,1,1,1
  • Bagian akhirnya pilih 4 Pages Per Sheet

Mungkin sekian ulasan kami tentang Cara Membuat Kwitansi sendiri di Microsoft Word. Semoga bermanfaat dan dapat berguna. Jika ada yang belum jelas bisa komentar di bawah ini. Terimakasih.