Rumus Excel Digunakan Untuk Tes Kerja

Tidak ada komentar 242 views

Bagi kalian yang akan memasuk dunia kerja di suatu perusahaan, setidaknya anda harus menguasai kemampuan dasar Microsoft Excel. Software tersebut sering digunakan di banyak perusahaan. Ada beberapa Rumus Excel Digunakan Untuk Tes Kerja perusahaan.

Microsoft Excel merupakan software aplikasi yang digunakan untuk mengelola data secara otomatis, baik itu data perhitungan dasar maupun digunakan untuk data yang lebih komplek. Microsoft Excel memiliki fungsi rumus yang memudahkan untuk melakukan perhitungan data yang lebih komplek.

Dengan kemampuan Microsoft Excel tersebut, banyak perusahaan atau instansi pemeritahan mengunakan untuk melakukan pengelolaan data bagi perusahaan atau instansi pemeritahan dan menjadikan penguasaan Microsoft Excel sebagai tolak ukur merekrut karyawan atau pegawai.

Menguasai Microsoft Excel adalah yang penting dikuasai jika ingin bekerja di perusahaan maupun instansi pemerintahan. Untuk menguasai Microsoft Excel berarti anda juga harus tahu rumus – rumus excel untuk pengelola data.

Pada Artikel kali ini, Gitgets.com akan mengulas tentang Rumus Excel Digunakan Untuk Tes Kerja. Berikut ini rumus – rumus yang harus anda kuasai agar dapat lulus tes kerja.

1. Rumus Excel SUM

Fungsi rumus SUM yaitu Menjumlahkan sekumpulan angka. Dan bisa juga menjumlahkan kolom ke kolom.

Rumus Formula SUM : =SUM(number1,[number2]…)

Contoh :  jika anda ingin menjumlah dari kolom D1 sampai D15, maka anda tinggal gunakan rumus SUM kemudian menyeleksi kolom D1 sampai D15. Rumus formulanya menjadi =SUM(D1;D15)

2. Rumus Excel AVERAGE

Fungsi rumus AVERAGE adalah fungsi untuk mencari nilai rata – rata dari sebuah data. Biasanya fungsi ini dipakai untuk mengetahui nilai rata – rata dari jumlah keseluruhan.

Rumus Formula AVERAGE : =AVERAGE(number1,[number2]…)

Contoh : Jika ingin mengetahui rata-rata pendapatan dari kolom B3 hingga B30. Maka gunakan rumus AVERAGE kemudian menyeleksi kolom B3 sampai B30. Rumus Formulanya =AVERAGE(B3:B30)

3. Rumus Excel MIN, MAX

Fungsi rumus MIN yaitu untuk mencari nilai minimal di suatu data yang disajiakan. Biasanya rumus ini untuk mengetahui nilai minimal dari sebuah data.

Rumus Formula MIN : =MIN(number1,[number2]…)

Misalnya, anda ingin mengetahui nilai penjualan terendah di data Penjualan dari kolom C1 hingga C20, maka anda gunakan rumus MIN kemudian menyeleksi kolom C1sampai C20. Rumus Formulanya =MIN(C1:C20)

Sementara Fungsi rumus MAX yaitu mencari nilai maximum di suatu data yang disajikan. Biasanya rumus ini untuk mengetahui nilai maximal dari sebuah data.

Rumus Formula MIN : =MAX(number1,[number2]…)

Contoh : Jika anda ingin mengetahui nilai penjualan tertinggi di data Penjualan dari kolom C1 hingga C20, maka anda gunakan rumus MIN kemudian menyeleksi kolom C1sampai C20. Rumus Formulanya =MAX(C1:C20)

4. Rumus Excel IF

Fungsi rumus IF digunakan untuk mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi. Atau memberikan hasil penyesuaian dengan nilai yang ada dalam satu kolom.

Rumus Formula IF : =IF(Logical_test,[value_if_True], ,[value_if_False])

Misalnya, Bila harga lebih dari 5.000 maka hasilnya MAHAL, dan bila sama dengan atau kurang dari 5.000 maka hasilnya MURAH. Contoh rumus formula IF di excel =IF(B6>5000:”MAHAL”:”MURAH”)

5. Rumus Excel VLOOKUP & HLOOKUP

Fungsi rumus VLOOKUP digunakan untuk mencari dan membandingkan data pada table refensi secara vertical dengan mengacu pada data kolom paling kiri.

Rumus Formula VLOOKUP :                       

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

contoh

Rumus Excel VLOOKUP
Rumus Excel VLOOKUP

Sementara HLOOKUP memiliki fungsi yang sama dengan VLOOKUP yang membedakan hanya pada table refernsinya secara horizontal dan mengacu data yang paling atas.

Rumus Formula HLOOKUP :

=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])                

Contoh

Rumus Excel Hlookup
Rumus Excel HLOOKUP

6. Rumus Excel COUNT

Fungsi rumus COUNT hampir sama dengan fungsi SUM yaitu digunakan untuk menghitung jumlah cell yang hanya berisi angka dalam sebuah range, baris maupun kolom.

Rumus Formula COUNT : =COUNT(value1,[Value2]…)

Misalnya, jika ingin menghitung jumlah cell dari Kolom A3 hingga A13, Maka gunakan rumus COUNT dengan formula di excel sebagai berikut =COUNT(A3:A13) Maka hasilnya terdapat 10 cell.

7. Rumus Excel COUNTA

Fungsi rumus COUNTA hampir sama dengan COUNT akan tetapi fungsi COUNTA dapat menghitung karakter lain seperti huruf atau symbol yang ada dalam sebuah range, baris maupun kolom.

Rumus Formula COUNTA : =COUNTA(value1,[Value2]…)

Contoh : jika ingin menghitung jumlah cell dari Kolom A3 hingga A13, akan tetapi A3 sampai A10 berisi angka dan A11 sampai A13 berisi huruf, Maka gunakan rumus COUNTA dengan formula di excel sebagai berikut =COUNTA(A3:A13) Maka hasilnya terdapat 10 cell.

8. Rumus Excel LEFT, RIGHT, MID

Fungsi rumus LEFT digunakan untuk memisahkan karakter dalam satu sel diawali dari karakter yang paling kiri.

Rumus Formula : =LEFT(Text,[Num_Chars])

Contoh Jika ada nomor 031455 di kolom B5 dan anda ingin mengambil 3 karakter paling kiri, maka gunakan rumus LEFT dengan formula excel sebagai berikut =LEFT(B5:3) maka hasilnya angka 031.

Fungsi rumus RIGHT digunakan untuk memisahkan karakter dalam satu sel diawali dari karakter yang paling kanan.

Rumus Formula : =RIGHT(Text,[Num_Chars])

Contoh : Jika ada nomor 031455 di kolom B5 dan anda ingin mengambil 3 karakter paling kanan, maka gunakan rumus RIGHT dengan formula excel sebagai berikut =RIGHT(B5:3) maka hasilnya angka 455.

Fungsi rumus MID digunakan untuk memisahkan karakter dalam satu sel diawali dari karakter yang paling Tengah.

Rumus Formula : =MID(Text,[Num_Chars])

Contoh : Jika ada nomor 031-082-455 di kolom B5 dan anda ingin mengambil 3 karakter ditengah, maka gunakan rumus MID dengan formula excel sebagai berikut =MID(B5:3) maka hasilnya angka 082.

9. Rumus Excel CONCATENATE

Fungsi rumus CONCATENATE digunakan untuk menggabungkan karakter dalam beberapa sell menjadi satu sell.

Rumus Formula : = CONCATENATE (Text1,[Text2]….)

Contoh Jika anda ingin menggabung kata Amel di kolom C4 dengan kata Astuti di kolom D4, maka gunakan rumus CONCATENATE dengan formula excel sebagai berikut : =CONCATENATE(C4:D4) maka hasilnya AmelAstuti apabila ingin menambahkan spasi maka gunakan (“ “) menjadi =CONCATENATE(C4:” “:D4) maka hasilnya Amel Astuti.

Mungkin sekian ulasan kami tentang Rumus Excel Digunakan Untuk Tes Kerja. Semoga bermanfaat dan semoga dapat lulus test kerjanya. Jika ada yang belum jelas bisa komentar di bawah ini. terimakasih