Membuat Nomor Halaman Berbeda Dalam Satu File Word, Terbaru!

Mungkin bagi kebanyakan orang menganggap membuat penomoran halaman pada Microsoft Word kelihatan mudah dan sederhana. Akan tetapi, terkadang bisa menjadi masalah tersendiri ketika hendak Membuat Nomor Halaman Berbeda Dalam Satu File Word.

Menyatukan penomoran berbeda dalam satu file seperti nomor romawi untuk pembukaan dan nomor angka untuk isi atau pembahasan di karya ilmiah dapat membuat bingung bagi sebagian orang.

Bagi para mahasiswa, permasalahan ini biasanya baru disadari ketika sedang mengerjakan tugas akhir, skripsi atau membuat karya ilmiah. Sehingga banyak yang menyiasatinya dengan membuat file yang berbeda.

Sebenarnya Microsoft Word memiliki fasilitas untuk membuat penomoran yang berbeda dalam satu lembar kerja atau satu file. Sehingga kalian tidak perlu kawatir dan tidak perlu membuat file berbeda.

Pada artikel kali ini, gitgets akan membahas Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Dalam Satu File Word. Berikut ini, beberapa langkah – langkah yang dapat kalian ikut.

Langkah pertama, yaitu memulai membuat format penomoran pada awal halaman yang ingin dimulai dengan cara klik pada bagian tab Insert > cari dan klik Page Number maka akan muncul beberapa menu – menu pilihan untuk penomoran halaman. Berikut menu dan penjelasannya.

  • Top of Page fungsi dari menu ini untuk meletakan nomor halaman di bagian atas (header),
  • Bottom of Page fungsi dari menu ini untuk meletakan nomor halaman di bagian bawah (footer),
  • Page Margins fungsi dari menu ini untuk meletakan nomor halaman di bagian kiri atau kanan halaman,
  • Current Position fungsi dari menu ini untuk meletakan nomor halaman sesuai dengan letak kursor.

Silakan anda memilih letak nomor halaman yang anda inginkan. Sebagai contoh anda memilih Bottom of Page >  Plain Number 3 berikut ilustrasi gambarnya.

Setelah anda klik Plain Number 3 maka akan muncul nomor halaman pada bagian kanan bawah (footer). Penomoran akan selalu berurutan seperti (1,2,3…) atau (I,ii,iii…) pada halaman selanjutnya.

Gambar 1. Cara Menampilkan Nomor Halaman
Gambar 1. Cara Menampilkan Nomor Halaman
Gambar 2. Nomor Halaman
Gambar 2. Nomor Halaman

Selanjutnya langkah kedua, setelah anda membuat penomoran halaman yang sesuai anda inginkan maka kita memulai membedakan penomoran halaman dalam satu lembar kerja atau satu file. Berikut ini yang anda lakukan yaitu klik di halaman terakhir penomoran. Kemudian klik Tab Page Layout > cari dan klik Breaks > maka akan muncul berbagai pilihan menu. Maka silakan klik menu Next Page maka di lembar kerja anda akan menambah halaman baru, yang menandakan perbedaan bagian halaman dari halaman sebelumnya. Dan memulai dengan nomor halaman baru.

Gambar 3. Membuat Halaman yang berbeda
Gambar 3. Membuat Halaman yang berbeda

Langkah ketiga, merubah format nomor halaman yang berbeda dengan halaman sebelumnya seperti contoh halaman sebelumnya nomor halaman (i,ii,iii, iv) maka halaman selanjutnya dengan format (1,2,3….).

Berikut langkah untuk format nomor halaman klik tab Insert atau doble klik pada nomor halaman > klik Page Number > pilih Format Page Numbers > maka akan muncul kotak dialog Page Numbers Format maka silakan pilih format nomor yang anda inginkan di Number Format > kemudian klik OK. Berikut ilustrasi gambarnya.

Gambar 4. Cara Format Nomor Halaman
Gambar 4. Cara Format Nomor Halaman
Gambar 5. format nomor halaman
Gambar 5. Format Nomor Halaman

Langkah keempat, jika pada penomoran halaman yang baru tidak dimulai dari nomor awal angka maka yang perlu anda lakukan yaitu dengan mengikuti langkah berikut doble klik pada nomor halaman > klik Page Number > pilih Format Page Numbers > maka akan muncul kotak dialog Page Numbers Format maka silakan pilih Start of dan atur angka yang ingin di mulai > kemudian klik OK

Gambar 6. Mengatur Angka yang di Mulai
Gambar 6. Mengatur Angka yang di Mulai

Selamat anda sudah bisa membuat nomor halaman berbeda dalam satu file word.

Mungkin sekian ulasan kami tentang Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Dalam Satu File Word. Semoga bermanfaat dan semoga membantu anda. Jika ada yang belum jelas bisa komentar di bawah ini. terimakasih