Laptop Tidak Bisa Connect Wifi, Ini Cara Mudah Mengatasinya

laptop tidak connect wifi

WiFi saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia modern yang tidak terlepas dari internet. Wireless Fidelity atau yang sering disebut WiFi bisa diakses melalui smartphone kesayaangan anda atau juga bisa diakses di laptop anda tanpa takut menghabiskan kouta internet. Tapi terkadang terjadi terkendala teknis pada smartphone atau laptop tidak bisa connect wifi atau no internet accesss.

Wifi merupakan teknologi yang memanfaatkan gelombang radio untuk bertukar data di bawah protokol jaringan 802.11. yang dimana ada sebuah pemancar yang memancarkan sinyal untuk bisa mengakses layanan internet dan fungsi pemancar pada jaringan Wi-Fi adalah dijalankan oleh sebuah alat yang bernama wireless router access point.

Saat ini WiFi dengan mudah kita temukan di tempat publik seperti sekolah, kantor, kampus, kafe, restoran, taman dan masih banyak tempat lainnya yang tersedia WiFi baik itu Free alias gratis maupun yang di jual paketan seperti di wifi id. Tetapi ketika kita ingin berselancar ria di dunia maya , terkadang ada permasalah dalam koneksi pada smartphone ataupun laptop anda.

Oleh karena itu, disini Gitgets.com akan membahas tentang apasih penyebab smartphone atau laptop anda tidak bisa connect wifi dan bagaimana mengatasinya. oke simak pembahasan ini.

Penyebab laptop tidak bisa connect WiFi, ini berbagai penyebab – penyebabnya :

  1. Tidak nyalanya lampu indikator WiFi atau hanya berwarna merah pada laptop. Ini artinya terjadi kerusakan pada hardware WiFi di laptop anda. Selain itu, muncul tanda silang merah di ikon WiFi di OS laptop Anda.
  2. Sedang terjadi masalah atau tidak aktifnya, Perangkat modem atau akses point di tempat hotspot WiFi yang Anda tempati.
  3. Belum terinstallnya drive Wifi pada Laptop
  4. Terjadi kesalahan setting network connection yang harus disetting ulang
  5. Kesalahan pengisian password masuk pada jaringan WiFi
  6. Aktifnya Airplane Mode pada laptop yang ber OS windows 8 keatas
  7. Limited access pada jaringan WiFi yang anda gunakan
  8. WiFi terkoneksi dengan laptop, tetapi Anda tidak bisa akses internet.

Dengan kita mengetahui penyebab – penyebab laptop tidak bisa connect wifi diatas. Maka kita akan memulai bagaimana mengatasi laptop tidak bisa connect wifi. Disini kita akan membahas mengatasi masalah softwarenya saja.

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Hang Tidak Bergerak

1. Setting Jaringan Laptop yang Salah

Mengatasinya Setting Jaringan Laptop yang Salah, yaitu dengan mengubah mode jaringan internet laptop Anda dari pengaturan manual menjadi pengaturan otomatis (DHCP mode). Berikut langkah – langkahnya :

  • Tekan klik ikon WiFi pada pojok kanan bawah layar Windows Anda.
  • Tekan Klik Open network and sharing center
  • Kemudian Tekan klik Change adapter setting yang berada di pojok kiri atas jendela Network and Sharing Center.
  • Pilih adapter WiFi tekan klik, lalu pilih Properties
  • Pilih Internet Protocol Version 4  (TCP/IPv4)  kemudian Tekan klik dua kali
  • kemudian Pilih Obtain and IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically”. Dengan tujuannya agar adapter WiFi mencari pengaturan IP Address dan DNS secara otomatis menggunakan DHCP.
  • Tekan Klik OK dan Close.
  • Mulailah kembali mengakses internet

2. Mengatasi Limited access pada jaringan WiFi yang anda gunakan

Untuk mengatasi Limited access pada jaringan WiFi yang anda gunakan, berikut langkah – langkahnya :

  • Tekan Klik Start Menu > Control Panel
  • Setelah masuk ke jendela “Control Panel”, pilih Network and Internet > Network and Sharing Center.
  • Pada jendela Network and Sharing Center, tekan klik Manage wireless networks.
  • Pada jendela Manage Wireless Networks, hapus semua cache WiFi dengan  klik “Remove”. Lakukan hal yang sama sampai semua cache WiFi telah dihapus.

2. Instal Ulang driver WiFi

Jika semua cara di atas masih belum berhasil untuk menyelesaikan masalah WiFi laptop Anda, itu artinya masalahnya berada pada driver dari adapter WiFi pada laptop Anda. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Buka Start Menu, lalu tekan klik kanan pada My Computer dan pilih Manage
  • Selanjutnya akan muncul jendela System Properties. Pada jendela tersebut, pilih Device Manager.
  • Pada jendela Device Manager, coba Anda perhatikan bagian Network adapters, lalu klik kanan pada nama adapter WiFi di laptop.
  • Pilih Uninstall. Anda tidak perlu khawatir, karena saat proses pendeteksian ulang oleh sistem, driver akan terinstal kembali secara otomatis.
  • Klik kanan pada halaman Device Manager, lalu pilih Scan for Hardware Changes untuk memulai proses pendeteksian ulang oleh sistem.
  • Setelah deteksi ulang selesai, Anda bisa menutup jendela Device Manager.
  • Mulailah kembali mengakses internet

Mungkin sekian ulasan tentang laptop tidak bisa connect wifi atau no internet accesss secara general untuk software OS windows. Semoga artikel bermanfaat dan dapat memecahkan permasalahan anda. Sekian terima kasih