5 Alat Untuk Membuat RT RW Net Lengkap

Tidak ada komentar 147 views

Helo gitgetster kali ini mimin akan membahas tentang 5 Alat Untuk Membuat RT RW Net dengan sekala kecil karena kebutuhan akses internet untuk pelajar dan tetangga yang mungkin membutuhkan jaringan internet untuk anaknya yang sekolah, alangkah hematnya jika langganan internet digunakan bersama dengan sistem iuran bukan?.

Walaupun secara peraturan masih tabu, karena kita mendirikannya dengan asas kebuthan dan tidak komersial alias lingkup tetangga saya rasa tidak masalah, dan saya pikir ini metode membagi koneksi yang cukup setabil dari pada hanya sekedar sharing wifi.

Berikut akan kita jelaskan 5 alat utama dalam membangun sistem rt rw net di lingkungan rumah anda :

  1. Modem Router
  2. Mikrotik
  3. Switch Hub
  4. Kabel Lan RJ45
  5. Access Point

BACA JUGA : Cara Ganti Password Wifi Indihome Huawei, ZTE dan TP-link dengan Mudah

Apakah tidak perlu alat lainya?, tentu saja ada alat penunjangnya seperti :

  1. Kelistrikan
  2. Alat Creamping LAN RJ45
  3. Laptop untuk controlnya

Nah mari kita membahasa sampai detilnya yah biar kalian lebih faham akan fungsi dan manfaat alat-alat tersebut.

Modem Router

Dalam sebuah jaringan kita membutuhkan akses utama untuk menghubungkan kita ke Internet seperti menggunakan Provider Seluler, Indihome, Biznet, First Media, dll. tergantung lokasi anda. nah modem ini berfungsi untuk akses utama internet kita yah.

Biaya langganan internet bisa kita simak di bawah ini

  1. Harga Internet Indihome 10 Mbps mulai dari Rp. 280.000
  2. Harga Internet Biznet 75 Mbps mulai dari Rp. 325.000
  3. Harga Internet Forst Media 15 Mbps mulai dari Rp. 360.000
  4. Harga Internet Telkomsel 30 Gb mulai dari Rp. 120.000

Masing masing penyedia biasanya memberikan modem dengan sistem sewa, untuk penggunaan seluler biasanya modem membeli sendiri dengan modifikasi antena outdoor.

Mikrotik untuk membuat RT RW Net

Mikrotik merupakan mesin komputasi dengan sistem operasi management bandwith dan ip address yang berfungsi untuk mengatur akses keluar masuk internet, alat ini mampu memblokir situs-situs tertentu sesuai keinginan, dengan alat ini biasnya internet menjadi lebih setabil jika digunakan secara bersamaan.

Adapun daftar harga Mikrotik yang digunakan untuk rt rw net sekala kecil sebagai berikut :

  1. Mikrotik RB 941 2nd untuk 10-20 pengguna, harga Rp. 375.000
  2. Mikrotik RB 750 Gr3 untuk 20-100 pengguna, harga Rp. 980.000
  3. Mikrotik RB 450 gx4 untuk 100-200 pengguna, harga Rp. 1.890.00

Dengan begini kita bisa memilih alat mana yang sesuai kebutuhan kita, jangan samapai kita beli mahal dan tidak digunakan semaksimal mungkin, selain itu pemilihan alat juga melihat berapa kecepatan internet yang anda gunakan, jika berlangganan 10 Mbps dengan pengguna 100-200 orang itu sangatlah tidak mewadahi, kemungkinan besar internet akan lemot, karena bandwith harus di bagi rata untuk banyak orang. Standart internet saat ini adalah 1 Mbps per orang , jika bersamaan maka 10 Mbps hanya dapat melayani 10 orang saja.

Switch Hub

Fungsi alat ini diperuntukan untuk mencabangkan kabel LAN utama menjadi berbagai jalur, untuk di gunakan ke perangkat yang akan digunakan, berbagai jenis Switch Hub beredar di pasaran memiliki spesifikasi masing masing, biasanya jumlah port, dan kemampuan pengiriman data, ada port biasa aja, dan port gigabit yang mendukung akses internet berkecepatan tinggi, biasanya ini di gunakan di sebuah perusahaan.

Kabel Lan RJ45

Tentu dalam membangun sebuah jaringan internet kita sedikit banyak akan menggunakan kabel UTP/FTP/LAN yang terdiri dari 8 warna kabel, coklat, putih coklat, hijau, putih hijau, biru, putih biru, orange, putih orange. delapan kabel ini memiliki fungsinya masing-masing yang akan kita bahas di membuat kabel LAN RJ45. Beberapa jenis merek kabel yang sering digunakan adalah Belden, Zimmlink, Spectra, dan masih banyak lagi merek dagang lainya, dengan kualitas berbeda, bagus tidaknya sebuah kabel di nilai dari hambatan yang di timbulkan, hambatan ini menujukan kualitas tembaga yang di gunakan. apabila semakin panjang kabel maka hamabatan akan semakin besar dan arus yang di bawa semakin kecil, sehingga kabel LAN hanya di gunakan di jarak 1 – 100 meter.

Lalu bagaimana jika kita ingin menggunakan kabel dengan jarak yang lebih jauh misal 200 – 1 Km, tentu saja kita tidak dapat mengandalkan kabel LAN ini, ada 2 pilihan untuk dapat membuat jalur internet jarak jauh, pertama adalah menggunakan Wireless dengan jaringan udara, dan menggunakan Kabel Fiber Optik, kabel fiber optik menggunkan teknologi cahaya tidaklah memilik hambatan dalam mengantarkan sebuah data tak seperti kabel tembaga.

Access Point

Alat ini merupakan bagian vital juga, karena berfungsi sebagai penyebar sinyal wifi 2,4 ghz . ada 2 jenis AP (acces point) yang sering digunakan di dunia internet pertama adalah jenis 2,4 ghz dan yang kedua adalah jenis 5 ghz, perbedaan frekuensi ini memiliki keunggulan masing masing dan kelemahan masing masing.

Kenapa untuk AP kita menggunakan yang 2,4 Ghz?, karena Hanphone / smartphone kita hanya dapat menangkap jaringan di frekuensi tersebut saat ini, tidak tahu kemungkinan yang akan datang mungkin akan menjadi lebih besar, menyesuaikan kebutuhan peradaban manusia.

sedangkan untuk AP 5 Ghz biasa digunakan antar perangkat dengan jarak jauh lebih dari 5-10 Km. bahakan samapai 20 Km tergantung ketinggian dan halangan yang terjadi.

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "5 Alat Untuk Membuat RT RW Net Lengkap"