Cara Mengatasi Blue Screen di Windows 7, 8, 10

Cara Mengatasi Blue Screen di Windows 7, 8, 10, Seringnya aktifitas menggunakan laptop atau PC tanpa dibarengi dengan perawatan rutin pada perangkat lunak (Software) maupun perangkat keras (hardware) akan menyebabkan terjadi permasalahan seperti laptop hang tidak dapat bergerak, sering error, perangkat menjadi error bahkan terjadinya Blue Screen of Death (BSOD) dimana windows hanya menampilkan warna biru pada layar monitor yang menginformasikan terjadinya error.

Terjadi permasalah pada perangkat lunak (Software) maupun perangkat keras (hardware) yang fatal pada laptop atau PC dapat menyebabkan terjadinya crash pada system operasi windows. Ketika terjadinya crash system operasi windows atau mengalami gagalan sistem maka laptop atau PC akan berhenti bekerja dan terjadi namanya blue screen pada windows.

Terjadinya Blue Screen of Death (BSOD) ini bisa terjadi di semua versi windows, baik itu windows XP, Windows 7, Windows 8 bahkan windows versi terbaru seperti windows 10 pun juga dapat mengalami Blue Screen Juga. Hal tersebut tentu akan menganggu aktifitas kerja anda menggunakan laptop atau PC.

Oleh karena itu, pada postingan artikel kali ini Gitgets akan menunjukan kepada anda Cara Mengatasi Blue Screen di Windows 7, 8, 10 dangan mudah dan sederhana. Sebelum itu anda perlu tahu terlebih dahulu penyebab terjadinya Blue Screen pada Windows. Oke, simak ulas berikut agar anda dapat mengetahui penyebab dan cara mengatasi jika laptop atau PC anda mengalami Blue Screen.

Penyebab Terjadinya Blue Screen pada Windows

Penyebab utama terjadinya Blue Screen pada Windows karena adanya pesan Error berkaitan Hardware, yang hampir mirip dengan Device Manager Error Code, akan tetapi keduanya sangat berbeda. Akan tetapi, tidak semua error BSOD ini bukan berarti selalu ada hardware yang rusak. Namun juga bisa terjadinya Infeksi virus atau malware yang merusak informasi firmware milik suatu device atauhardware, driver yang rusak atau korup, maupun suatu program yang korup, semuanya bisa memicu terjadinya System Crash atau Blue Screen ini. Sementara Device Manager Error Code lebih mengacu pada status kerusakan pada hardware.

Cara Mengatasi Cara Mengatasi Blue Screen di Windows

Untuk mengatasi permsalahan Blue Screen, ada banyak cara yang bisa anda coba untuk menyelesaikannya. Berikut ini cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Merestart Ulang Kamputer atau Laptop

Cara Pertama jika terjadi Blue Screen adalah dengan melakukan restart ulang pada kamputer atau laptop, berikut ini caranya.

  • tekan tombol restart pada kamputer secara manual
  • Setelah itu tunggu sampai computer selasai booting
  • Jika computer tidak mengalami masalah yang parah maka akan kembali normal
  • Namun, jika terjadi mengalami masalah yang parah, anda bisa gunakan cara selanjutnya.

Dengan Cara Pemulihan Sistem ( System Restore) pada Windows

Cara selanjutnya yaitu dengan melakukan pemulihan system (System Restore) pada windows. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut ini.

  • Matikan Kamputer atau Laptop anda terlebih dahulu, dengan Menekan tombol Power
  • Selanjutnya silakan anda nyalakan kembali computer atau laptop
  • Kemudian tekan tombol F8 maka akan menampilan halaman opsi boot
  • Lalu anda pilih Mode Aman atau Safe Mode. Kemudian tunggu hingga booting selesai
  • Setelah anda Masuk ke operasi system mode aman. Silakan anda buka Control Panel
  • Lalu control panel >> system & security >> action center >> recovery >> open system restore >> next >> next >> finish >> yes.
  • Maka computer atau laptop akan merestart otomatis
  • Tunggu beberapa saat maka computer atau laptop akan kembali normal.

Mungkin sekian ulasan kami tentang Cara Mengatasi Blue Screen di Windows 7, 8, 10. Semoga bermanfaat dan semoga laptop anda lancar kembali. Jika ada yang belum jelas bisa komentar di bawah ini. Terimakasih.